IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DIMENSI KEARIFAN LOKAL DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA

  • MAULIDA KHAFIDOH Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto
  • ARIF HIDAYAT
Keywords: P5, Kearifan Lokal, Makanan Tradisional.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Proyek penguatan profil pelajar Pancasila dengan dimensi Kearifan Lokal Di MI Darul Hikmah Bantarsoka dengan subtema “Makananku, Budayaku”. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis jawaban pada LKPD dan table yang sudah diberikan tentang tanggapan peserta didik pada kegiatan P5 di MI Darul Hikmah Bantarsoka diketahui bahwa responden yang menyatakan siswa mengenal dan memahami makanan tradisional sebanyak 77,5 % dan 22,5 % lainnya belum memahami makanan tradisonal. Berdasarkan data yang didapatkan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pengetahuan dan pemahaman siswa terkait tema kearifan lokal dn projek Makananku, Budayaku melalui Penguatan Profil Pelajar Pancasila di MI Darul Hikmah Bantarsoka, ditinjau dari keseluruhan aspek, mayoritas dinyatakan sebagai "Sangat Baik".

 

References

Arikunto, S. (2002). Prosedur penelitian : Suatu pendekatan praktek. Rineka Cipta.
Arina Hidayati, Ibrahim Ibrahim, Dewi Asri, Imelda Imelda, & Indah Pajar Wati. (2024). Implementasi P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Di Mi Ikhlasiyah Palembang. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 2(3), 18–34. https://doi.org/10.61132/jmpai.v2i3.199
Haq, A. A., Rahayu, D., Denoya, N. A., Fitrian, S., & Penulis, K. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Kurikulum Merdeka di SD Negeri 18 Kota Padang PNF, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 3(1), 194–199. https://doi.org/10.58192/insdun.v3i1.1819
Hoffman, D. W. (2017). Refleksi hasil evaluasi. chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://cdn-ppg.simpkb.id/s3/daljab/PPG 2022/Prajab/Asesmen PGSD I/T7/Ekplorasi Konsep T7.pdf
Kemendikbud. (2022). Projek Penguatan Pelajar Pancasila. Pusat Informasi Kolaborasi Kemendikbud. https://pusatinformasi.kolaborasi.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/8747805824409-Tema-Projek-Berdasarkan-Jenjang
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sulistyani, T., Rachmawati, E., Mufidah, L., Kotagede, R. K., & Goreng, L. (2022). Strategi Pelestarian Makanan Tradisional. Strategi Pelestarian Makanan Tradisional Melalui Pelatihan Bagi Masyarakat Kemantren Kota Gede Yogyakarta, 3(02), 96–103.
Zahrah, F., & Mawasil, H. (2023). Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Untuk Melatih Soft Skill Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 6(2), 812–817. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/JKP
Published
2024-07-07
Section
Articles