PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP POLA HIDUP SANTRI SEHAT

  • OFI AFIATUN HINDUN ULFAH Universitas Prof.K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • LAYLA MARDLIYAH
  • MULIH NURIZA PAHLAWI
Keywords: Karakter Peduli Lingkungan, hidup bersih dan sehat, Pesantren, Santri

Abstract

Manusia memiliki tanggung jawab pada penataan, pemeliharaan, pengawasan, dan pengembangan tata kelola lingkungan sehingga dapat dimanfaatkan. Ada 18 nilai pendidikan karakter yang harus dikembangkan dalam Pendidikan di Indonesia salah satunya karakter peduli lingkungan. Pemahaman santri mengenai karakter pola hidup sehat perlu untuk ditanamkan dan dilestarikan karena hal tersebut akan berpengaruh kepada kemampuan berpikir, kondisi fisik yang ideal, dan sebagainya. Salah satu pesantren yang menarik diteliti yaitu Pesantren Mahasiswa An Najah Purwokerto, di mana para santri tidak hanya dididik dengan keilmuan agama saja, tapi juga karakter peduli lingkungan terutama dalam menjaga kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode atau cara yang digunakan untuk membentuk karakter peduli lingkungan pada santri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu karakter peduli lingkungan di Pesantren Mahasiswa An Najah Purwokerto dilakukan melalui pola hidup bersih dan sehat khususnya melalui ro’an. Metode yang digunakan yaitu keteladanan dan pembiasaan. Pengasuh secara langsung memberikan contoh kepada santri cara menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan pesantren. Melalui pembiasaan santri dibiasakan merawat kebun pesantren, memilah sampah dan membuangnya di bank sampah, , ro’an kamar, serta mananami dan merawat kebun pesantren.

References

Agustina, Anita. 2021. “Perspektif Hadis Nabi Saw Mengenai Kebersihan Lingkungan”, Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, Vol. 1 No. 2.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.
Aziz, Fathul Aminudin. 2014. Manajemen Pesantren. Yogyakarta: STAIN Press.
Depkes RI. 2007. Pedoman Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah. Jakarta: Direktorat Jendral Pembinaan Masyarakat Keluarga.
Efendi, Nur. 2014. Manajemen Perubahan di Pondok Pesantren. Yogyakarta: Teras.
Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Hamid, Abdul. 2020. “Penerapan Metode Keteladanan sebagai Strategi Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam”, Al-Fikrah, Vol. 3, No.2.
Ihsani, Nurul. 2018. “Hubungan Metode Pembiasaan dalam Pembelajaran dengan Disiplin Anak Usia Dini”, Potensia, Vol. 3, No. 1.
Illahi, Mohammad Takdir. 2015. Revolusi Hidup Sehat Ala Rasulullah. Yogyakarta: Katahati.
Indra, Hasbi. 2018. Pendidikan Pesantren dan Perkembangan Sosial-Kemasyarakatan. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembengan Pusat Kurikulum. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: tp.
Khafid, Muhamad, dkk. 2019. “Gambaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Pondok Pesantren Nurul Huda Surabaya”, The Indonesian Journal of Health Science, Vol. 11, No. 2.
Lickona, Thomas. 2013. Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik, Terj. Lita S. Bandung: Nusa Media.
M., Abd Muin, dkk. 2007. Pesantren dan Pengembangan Ekonomi Umat. Jakarta: CV. Prasasti.
Maunah, Binti. 2009. Tradisi Intelektual Santri. Yogyakarta: Teras.
Moeloeng, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2014. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Mustofa, Ali. 2019. “Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam”, Cendekia, Vol. 5, No. 1.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Ilmu Kesehatan Masyarakat: Prinsip-prinsip Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.
Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2013. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: Prenada Media Group.
Susanti, Endang & Nur Kholisoh. 2018. “Konstruksi Makna Kualitas Hidup: Studi Fenomenologi pada Angota Komunitas Herbalife Klub Sehat Ersanddi Jakarta”, Jurnal Lugas, Vol. 2, No. 1.
Wahid, Abdurahman. 2001. Arti Pesantren. Yogyakarta: LkiS.
Wibowo, Agus. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zaini, Hasan. 2016. “Pesantren dan Perilaku Hidup Sehat: Studi Terhadap Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan”, Jurnal el-Hekam, Vol. 1, No. 1.
Zuhroni, dkk. 2003. Islam Untuk Disiplin Ilmu Kesehatan dan Kedokteran 2: Fiqh Kontemporer. Jakarta: Depag RI.
Published
2024-07-07
Section
Articles