PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

  • PUTRI SEKAR SARI UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta
  • WAHYU HIDAYAT
  • YUNITA WILDANIATI
Keywords: Model Realistic Mathematics Education (RME), Hasil belajar, Mathematics Learning, Sekolah Dasar

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDN 1 Rulung Helok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen tipe Quasi Eksperimen Design Pretest Posttest dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Rulung Helok yang berjumlah 44 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Cluster Random Sampling. Dalam penelitian ini terbagi menjadi 2 kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data yang digunakan adalah statistik parametrik dengan uji hipotesis menggunakan uji T berpasangan (paired sample t-test) dan uji T saling bebas (independent sample t-test). Untuk melihat efektivitas dari penggunaan model tersebut menggunakan uji N-Gain. Berdasarkan hasil analisis data pertama uji T berpasangan diperoleh nilai Thitung = 28,233 > Ttabel = 2,018 dengan nilai signifikasi 0,000, maka Ha diterima, artinya terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar matematika siswa. Kedua uji T saling bebas diperoleh nilai Thitung = 12,904 >Ttabel = 0,686 dengan nilai signifikasi 0,000. Sehingga Ha diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Adapun hasil uji N-Gain diperoleh nilai 0,76 atau 75,50% yang menunjukkan efektivitas dari penggunaan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berada pada kategori “tinggi” atau “efektif”.

Kata Kunci: Model  Realistic Mathematics Education (RME), Hasil Belajar, Matematika, Sekolah Dasar

Author Biography

PUTRI SEKAR SARI, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta

Magister Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

References

Apriyanti, E., Asrin, A., & Fauzi, A. (2023). Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4)

Bakri, B., S, A., & Idawati, I. (2022). ANALISIS VALIDASI LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(5)

Edy Purwanto. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Pustaka Pelajar.

Ermita, G. (2017). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN 002 TELUK NILAP KUBU BABUSSALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN RME. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 1(2)

Fitrianingtyas, A. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas IV SDN Gedanganak 02 [Thesis, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW].

Haqina, F., Turmuzi, M., & Saputra, H. H. (2022). Pengaruh Model P embelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 6 Cakranegara Tahun 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1)

Marjuki, B. A., Zuhairi, Z., & Wildaniati, Y. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTS MA’ARIF 2 NURUL HUDA LAMPUNG TIMUR. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 161–173.

Moh. Suardi dan Syofrianisda. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Parama Ilmu.

Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1)

Panjaitan, N., Lumbantobing, M. T., & Sibagariang, S. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Realistis Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Kelas VI SD Negeri NO.121308 Pematang Siantar. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1)

Rosdianah, R., Kartinah, K., & Muhtarom, M. (2019). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Garis dan Sudut Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(5)

Wildaniati, Y. (2018). Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Dewantara, 4(02)

Published
2024-07-07
Section
Articles