ANALISIS KOMPETENSI PADA MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA DALAM PERSPEKTIF RANAH KOGNITIF PADA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis kompetensi pada modul pengajaran kurikulum mandiri dari perspektif domain kognitif di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (MI). Dari hasil penelitian ini, dapat diidentifikasi berbagai tingkatan kognitif dan kemampuan internalnya yang ditampung oleh guru dalam modul ajar yang mereka siapkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan. Data dikumpulkan melalui studi dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dasarnya seperangkat kompetensi adalah seperangkat tujuan pembelajaran yang ingin dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran. Seperangkat kompetensi ini mencakup domain kognitif dan non-kognitif. Kompetensi yang mencakup domain kognitif dicapai oleh siswa dari level C1 hingga C6 sehingga pembelajaran dalam kurikulum mandiri mampu mengakomodasi aspek HOTS. Namun, berdasarkan hasil penelitian, dapat dilihat bahwa tidak semua tema atau topik dapat mengarah pada pencapaian aspek HOTS. Dalam penelitian ini dapat dilihat bahwa konsep HOTS dapat dicapai dalam mata pelajaran bahasa Indonesia namun tidak dapat dicapai dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini terjadi karena mata pelajaran IPA lebih rumit dibandingkan dengan mata pelajaran bahasa Indonesia.
References
Fakih Khusni, M., Munadi, M., & Matin, A. (2022). Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar di MIN 1 Wonosobo. Jurnal Kependidikan Islam, 12(1), 60–71. https://doi.org/10.15642/jkpi.2022.12.1.60-71
Féret, R., & Cros, M. (2019). The embedded research librarian: A project partner. LIBER Quarterly: The Journal of the Association of European Research Libraries, 29(1), 1–20. https://doi.org/10.18352/lq.10304
Muthoharoh, M. (2023). Kurikulum Merdeka: Konsep dan Implementasinya. Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 125–132. https://doi.org/10.52166/tabyin.v5i1.310
Nurhayati, N., & Fairuz, T. (2023). Analysis of Higher Order Thinking Skills (HOTS) Content on Students’ Textbook of Natural and Social Sciences Subject for grade V Elementary School. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 3(1), 90–95. https://doi.org/10.35877/454RI.eduline1536
Putra, D. S., Zain, M. S., & Subiantoro, C. (2019). Identifikasi Sikap: Ketertarikan Meluangkan Waktu Belajar Fisika, Normalitas Ilmuwan, Adopsi Sikap Ilmiah. SEJ (Science Education Journal), 3(2), 93–100. https://doi.org/10.21070/sej.v3i2.2701
Setiawan, A., Ahla, S. S. F., & Husna, H. (2022). Konsep Model Inovasi Kurikulum KBK, KBM, KTSP, K13, dan Kurikulum Merdeka (Literature Review). Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam: Al Ghazali, 2(1), 54–57.
Sofyan, F. A. (2019). IMPLEMENTASI HOTS PADA KURIKULUM 2013. INVENTA, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803
Wahyuningtyas, D., Widodo, S., & Katminingsih, Y. (2022). Analisis Tingkat Kognitif Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika Wajib Kelas X SMA/MA Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi Anderson. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 204–214. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1104
Wałek, A. (2019). Data Librarian and Data Steward – New Tasks and Responsibilities of Academic Libraries in the Context of Open Research Data Implementation in Poland. Przegląd Biblioteczny, 87(4), 497–512. https://doi.org/10.36702/pb.634
Wiyani, N. A. (2016). Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran PAI SMA Berbasis Pendidikan Karakter. Ar-Ruzz Media.