IDENTIFIKASI BERGERAK DALAM AKTIVITAS BERMAIN ANAK
Abstract
Aktivitas bermain yang dilakukan oleh anak-anak tidak akan bisa lepas dengan bergerak. Bahkan, bergerak menjadi substansi utama dalam bermain yang dilakukan oleh anak-anak. Untuk itu, penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi dan menjelaskan batasan bergerak dalam konteks kegiatan bermain yang dilakukan oleh anak-anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif-deskriptif yang sumber datanya adalah dokumen berupa buku dan artikel yang membahas bergerak dan bermain. Tekni pengumpulan data dilakukan dengan membaca dan mencatat. Data-data ini kamudian dikaji dengan menggunakan analisis isi. Hasil penelitiannya adalah bergerak merupakan basis utama dalam aktivitas bermain; bergerak yang dilakukan anak dalam bermain berorientasi pada pertumbuhan fisik dan pengembangan kognitif; dan mekanisme bergerak anak dalam bermain distimulasi oleh kerja fisik dan kognitif.
References
Kurniawan, Heru, dkk. 2021. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Bandung: Rosda Karya.
Ardini, Pupung Puspa dan Anik Lestaningrum. 2022. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Adjie Media Nusantara.
Yuliantina, Irma. 2020. Bermain dan Permainan Bagi Anak Usia Dini. Yogyakarta: Media Karya.
Setiawan, Eko, dkk. 2023. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Yogayakarta: Literasi Nusantara.
Suyadi. 2019. Permainan Edukatif yang Mencerdaskan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Veronica, Nina. 2018. “Permainan Edukatif dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini” dalam Jurnal Pedagogi Volume 4 Nomor 2 Agustus 2028.
Wahyu, Agung & Rukiyati. 2022. “Studi literatur: Permainan Tradisional sebagai Media Alternatif Stimulasi Perkembangan Anak” dalam Jurnal Pendidikan Anak Volume 11 Nomor 2 Tahun 2022.
Adi, Banu Setyo, dkk. 2020. “Implementasi Permainan Tradisional dalam Pembelajaran Anak Usia Dini sebagai Pembentuk Karakter Bangsa” dalam Jurnal Pendidikan Anak Volume 9 Nomor 1 Tahun 2020.
Hayati, Siti Nur dan Khamin Zarkasih Putro. 2022. “Bermain dan Permainan Anak Usia Dini” dalam Jurnal Generasi Emas Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022.
Montessori, Maria. 2020. Absorbent Mind: Pikiran yang Mudah Menyerap. Yogyakarya: Pustaka Pelajar.
Montessori, Maria. 2021. Metode Montessori. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.