Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Pra-Menyendok Dengan Menggunakan Media Playdough Pada Kelompok A di Suwitama Montessori Tahun Pelajaran 2023/2024
Abstract
Persoalan kemampuan motorik kecil anak tidak berkembang sebagaimana mestinya penting untuk dikaji lebih lanjut. Mengajari anak betapa pentingnya meningkatkan keterampilan motorik dapat membantu mereka terus berkembang. Salah satunya adalah meningkatkan kemampuan motorik kecil dengan menggunakan media playdough. Bermain playdough dapat membantu anak meningkatkan keterampilan motorik halusnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana media playdough dapat digunakan untuk membantu anak meningkatkan keterampilan motorik halusnya. Penggunaan media playdough di sekolah dapat membantu anak meningkatkan kemampuan motorik halusnya sehingga berdampak baik bagi dirinya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara, fokus pada interaksi antara peneliti dan anak-anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengoordinasikan tangan dan mata untuk melakukan gerakan-gerakan rumit yang memenuhi persyaratan berkembang sangat baik (BSB) merupakan bidang perkembangan yang paling maju. Selain itu, media playdough dapat membantu anak mengembangkan kemampuan motorik kecilnya. Keterampilan motorik halus anak-anak saat ini meningkat 50% (BSB).
References
Amelia Nurul, Khadijah, 2020, Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini: Teori dan Praktik, Jakarta: Kencana
Andriani, D., & Sunarti, G. (2023). Peran Guru dalam Menstimulasi Keterampilan Motorik Halus Anak Kelompok B di Tk Bintang Cemerlang Palembang, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, November 2023, 9 (22), 451-467
Hariati, D., & Huda, K. (2020). Penggunaan Media Playdough Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Hamzanwadi Pancor Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Realita, Volume 5 Nomor 1 Edisi April 2020 ISSN (2503-1708)
Hayatun, N. 2023. Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Play Dough. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Volume 1 Nomor 2 E-ISSN 2987-128X
Herdiati, R. D (2024). Mengembangkan kemampuan motorik halus melalui media playdough pada anak usia dini kelas Tk A. Volume 3 Issue 1 (2024) Pages 118-123 Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI Kampus Purwakarta ISSN: 2828-6006
Millati, I (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Bermain
Playdough Alami Pada Kelompok B3 Di Tk Ma’had Islam Kota Pekalongan Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak. Volume 1, No. 2, Oktober 2022,124-134
Nadila, P. (2020). Pentingnya Melatih Problem Solving pada Anak Usia Dini melalui Bermain. Pedagogi: Jurnal Pendidikan. Vo. 21. No. 1. http://pedagogi.ppj.unp.ac.id/
Putri, Y. F (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Media Play Dough. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 2 Nomor 2, Desember 2018
Rakimahwati., & Sari, I. (2018). Peningkatan kemampuan motorik halus melalui bermain playdough di taman kanak-kanak qur’aniah air runding pasaman baratJurnal Riset Tindakan Indonesia, Volume 3 Nomor 2, 2018, hlm 107-113 ISSN: 2502-079X (Print) ISSN:2503-1619 (Electronic)
Rejeki, S., & Devi, Y., & Pribianti, I (2023). Meningkatkan kemampuan motorik halus
melalui bermain playdough. Jurnal pendidikan tuntas Issn: 3025-5430 (online),
Volume 1 issue 3 (2023) pages 249 – 253
Samiaji, M. H., & Najah, S., & Hidayat, I. Manajemen Strategi Dalam Pengembangan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 5 (2), 184-192.
Suryana, D., & Rupnidah, R. (2022). Media Pembelajaran Anak Usia Dini, Jurnal PAUD Agapedia, Vol.6 No. 1 Juni 2022 page 49-58
Yurwanti., & Fitriani. (2023). Pengaruh Permainan Playdough Dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah Di PAUD dan TK Daarul Quran Ngurangan. Jurnal of TSCSIKep, Vol. 8 No.2 Tahun 2023 iSSN: 2503-2445 eSSN: 2775-0345
Zahra, S., & Jevanesia, N. F., & Hasanah, H., & Nurpatonah, D., & Hasanah, D. L., & Putri, A. A. Pengaruh Permainan Edukatif Dalam Meningkatkan Stimulasi Otak Pada Fase Golden Age Di TK PGRI At-Taqwa. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 04 No. 01 PP. 54-60 E-ISSN 2723-7729