Pembiasaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Lingkungan Sekolah PAUD

  • Khairunnisa Ulfadhilah Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
Keywords: Kata Kunci: PHBS, Sekolah, Guru, Orang tua, dan Anak

Abstract

PHBS sangat tepat untuk tanamkan anak mampu menjaga kebersihan dalam kehidupan sehari-hari, dan menjaga kesehatan dengan begitu perlu perlunya menerapkan oleh ayah ibu maupun dengan guru saat disekolah. Menjaga perilaku hidup bersih dari pakaian maupun pembiasan anak dalam kehidupan sehari-hari, dan asupan nutrisi yang anak konsumsi sehat dari gizi yang diberikan oleh orang tua saat dirumah maupun saat anak berangkat sekolah menyediakan bekal makanan maupun minum kemudian anak terjaga dari asupan yang sehat serta bergizi. Kemudian dari pihak sekolah pun memiliki tanggung jawab dalam mengawasi setiap jajanan yang terdapat dilingkungan sehingga agar anak terhindar dari makanan yang tidak bersih maupun sehat, dan kerjasama yang baik antar ayah ibu dengan guru dalam mengawasi PHBS sangat penting. Metode yang dilakukan yakni penelitian kualitatif mengumpulkan data-data hasil penelitian yang sudah dilakukan, dan melakukan penelitian di RA Miftahul Huda. Teknik pengumpulan data gunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Riset dilakukan acuan bagi ayah ibu dalam menerapkan PHBS.

References

Abdullah, A., Rahman, H. F., Warliah, W., Qomariah, N., & Sutriyani, S. (2022). PHBS (Clean and Healthy Living Habits) As Covid 19 Prevention Education for Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3560–3569. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2075
Adiansa, N., & Wulandari, R. (2023). Kegiatan Ice Breaking Dalam Meningkatkan Fokus Belajar Anak Usia Dini. Juni, 02(2), 187–190. http://jurnal.minartis.com/index.php/jpst/
Andriani, D., & Rahmawati, D. D. (2023). Pengaruh Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Terhadap Karakter Disiplin Pada Anak Kelompok B Di Tk Taruna Sriwijaya Palembang. Jurnal Kumara Cendekia, 11(1).
Astriyani, R., Tahir, M., & Salam, M. M. (2023). Penerapan Nilai-nilai Moderasi dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Seling: Jurnal Program Studi PGRA, 9(2), 198–204.
Huliatunisa, Y., Alfath, M. D., & Hendiati, D. (2020). CUCI TANGAN BERSIH MENGGUNAKAN SABUN. Jurnal Pasca Dharma Pengabdian Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.17509/jpdpm.v1i2.24027
Karmilasari, K., Rahman, M. A., & Suriah, S. (2022). Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Konsumsi Junk Food Pada Anak Balita (Prasekolah). Hasanuddin Journal of Public Health, 3(3), 283–291. https://doi.org/10.30597/hjph.v3i3.20826
Khairunnisa Ulfadhilah, N. (2020). Aulad : Journal on Early Childhood Peran Keluarga dalam Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. 3(1), 20–28. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.46
Krisdayanti, V., & Maryani, N. (2021). Optimalisasi Peran Keluarga Dalam Pengembangan Psikologi Anak Era New Normal DI Desa Jaya Mekar Kota Sukabumi Jawa Barat. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.30997/ejpm.v2i1.3616
Kurniadi, O. (2001). Pengaruh Komunikasi Keluarga terhadap Prestasi Belajar Anak. Mediator, 2(2), 267–290.
Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
Masykuroh, K., Chandrawaty, C., & Mursyidah, I. (2023). Peran Orang Tua dalam Menanamkan Literasi Lingkungan Anak Usia Dini. Seling: Jurnal Program Studi PGRA, 9(2), 162–170.
Maulidia, A., & Hanifah, U. (2020). Peran Edukasi Orang Tua terhadap PHBS AUD selama Masa Pandemi Covid-19. Musamus Journal of Primary Education, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.35724/musjpe.v3i1.3078
Muchsinun, A., & Salehuddin, M. (2023). Pengaruh rekaman audio terhadap kemampuan menghafal pada anak usia dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 9(2), 171–181.
Nur, B., Mokodongan, F., Laiya, W., & Juniarti, Y. (2023). Peran Orang Tua Dalam Pembiasaan Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Anak Kelompok a Di Tk Negeri Ki Hadjar Dewantoro 1 Gorontalo. Jurnal Awladuna, 1(1), 24–29.
Nurjanah, N. E., Jalal, F., & Supena, A. (2023). Studi Kasus Fatherless: Peran Ayah Dalam Pengasuhan Anak Usia Dini. Jurnal Kumara Cendekia, 11(3), 261–270.
Nurkhafifah, S. D., Nadhifah, A., Kurniawan, E. D., & Yogyakarta, U. T. (2023). The Impact of Egocentric Parenting Patterns on Children in. 3(December), 143–154. https://doi.org/10.14421/joyced.2023.32-06
Oktariani, O. (2021). Dampak Toxic Parents dalam Kesehatan Mental Anak. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 2(3), 215–222. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v2i3.107
Pagarwati, L. D. A., & Rohman, A. (2020). Grandparenting Membentuk Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1229–1239. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.831
Rahayu, A. K., & Setiasih, O. (2022). Strategi Orang Tua dalam Membiasakan PHBS Anak Usia Dini saat Pandemi COVID-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4118–4127. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2115
Rochmah, D. L., & Utami, E. T. (2022). Dampak Mengkonsumsi Monosodium Glutamat (Msg) Dalam Perkembangan Otak Anak. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 10(2), 163–166. https://doi.org/10.14710/jkm.v10i2.32473
Setyowati, J., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak melalui Model Bermain “Asyik”(Reward & Yel-Yel “Asyik”) di Tk Mutiara Cemerlang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 2065–2072. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3253%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/3253/2714
Tabi’in, A. (2020). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat(Phbs) Pada Anak Usia Dini Sebagai Upaya Pencegahan Covid 19. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 6(1), 58. https://doi.org/10.18592/jea.v6i1.3620
Ulfadhilah, Khairunnisa, N. (2021). Aulad : Journal on Early Childhood Penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. 4(3), 151–159. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.101
Ulfadhilah, K. (2021). Family Education On The Quality Of Child Care In The Covid-19 Era. 1(June), 8–19.
Ulfadhilah, K. (2023). Penanaman Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Berbasis Layanan Holistik Integratif. 7(3), 3314–3322. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4413
Ulfadhilah, K., & Munastiwi, E. (2021). Parenting Program to Develop Social and Emotional Ability of Children with Special Needs During the Covid-19 Pandemic. 8(1), 33–40.
Umi, G., Karmila, M., Guru, P., Anak, P., & Dini, U. (2020). PENDIDIKAN KETERAMPILAN HIDUP ( LIFE SKILL ) ANAK USIA DINI SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI. 6.
Wathoni, A. Z., Suhara, A., & Aziz, M. F. (2023). Edukasi Penggunaan Monosodium Glutamat dalam Produk Makanan Serta Dampaknya. Konferensi Nasional Penelitian Dan Pengabdian (KNPP) Ke-3, 2308–2313.
Wijayanti, P. (2022). Pembiasaan Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam Di Era Pandemi Covid-19. Prosiding, 1(1), 12–26. https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/piaud/article/view/434/179
Published
2024-06-04
Section
Articles