Memetakan Habituasi Membacakan Buku pada Anak Berbasis Literasi Keluarga
Abstract
Orang tua menjadi tonggak pertama stimulus ilmu pengetahuan kepada anak. Orang tua memiliki peran penting dalam menyemai habituasi bagi anak. Habituasi-habituasi yang didapatkan oleh anak akan berpengaruh kepada perekembangan kemampuan ilmu pengetahuan yang anak miliki. Habituasi membacakan buku pada anak yang dilakukan oleh orang tua menjadi solusi penting dalam menciptakan kemahiran berbahasa sejak dini pada anak. Hal ini terjadi karena kegiatan habituasi adalah kegiatan yang dilakukan berulang-ulang yang mampu mengkondisikan anak berkolaborasi dengan stimulus ilmu pengetahuan yang diberikan oleh orang tua. Artikel ini bertujuan untuk memanfaatkan dan mengetahui efektivitasi kegiatan habituasi membacakan buku pada anak dalam menumbumbuhkan kemahiran berbahasa melalui literasi yang dilakukan oleh orang tua. Artikel ini ditulis berdasarkan studi lapangan penulis kepada satu keluarga dengan dua orang anak yang mendisain habituasi membacakan buku dalam lingkungan keluarga di kehidupan sehari-hari. Berdasalkan hasil penelitian ini menjawab persoalan kontekstual mengenai tantangan-tantangan berbahasa dan strategi di lingkungan keluarga dalam kemahiran berbahasa. Habituasi membacakan buku merupakan factor pendampingan dalam menanamkan literasi melalui keluaraga dan menumbuhkan kemahiran berbahasa pada anak.
References
Depdiknas. 2003. Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Farida. 2002. Kemampuan Bahasa Taman Kanak-Kanak. Jurnal Psikologi. Yogyakarta: UGM.
Gewati. 2016. “Minat Baca Indonesia Ada di Urutan Ke-60 Dunia”. Artikel. Tersedia 1 April 2016. http://edukasi.kompas.com./read/2014/08/29/071 75/31/minat.baca.indonesia.ada .di.urutan.ke-60.dunia.
Habibi, M. 2015. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Hodgetts, D. J., & Stolte, O. E. E. (2012). Book review: Foucault, psychology and the analytics of power by Hook, Derek. Basingstoke: Palgrave MacMillan, 2007. Journal of Community & Applied Social Psychology, 22, 379=389. https://doi.org/10.1002/casp
Khomsiyatun, Umi. 2019. Pola Pengembangan Literasi Bahasa Pada Anak Studi Kasus Di Paud Wadas Kelir dalam Jurnal Metabasa, Volume 1, No. 2, Desember 2019. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/mbsi/article/view/1265/926.
__________________. 2018. Pembelajaran Kreatif Berbasis Literasi Bahasa Menumbuhkan Anak Yang Cerdas Dan Kreatif dalam Jurnal Insania, Vol. 23, No. 2, Juli – Desember 2018. http://www.ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/insania/article/view/2299.
Khomsiyatun, Umi, Andayani, Sarwiji Suwandi, Atikah Anindyarini. 2021. The Role of Digital Books in Learning from Home During the Covid Pandemic of Low Grade Students in Elementary Schools. Proceedings of the 1st International Conference of Humanities and Social Science. https://eudl.eu/doi/10.4108/eai.8-12-2021.2322704
Montesori, Maria. 2008. The Absorbent Mind. Yoggyakarta: Pustaka Pelajar.
Samini, Muchlas dan Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Rosda Karya
Saryono, Djoko. 2016. Kemajuan Peradaban, Budaya Literasi, dan Perkembangan Susastra. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Literasi, Karakter, Dan Kearifan Lokal. Ponorogo: STIKIP PGRI Ponorogo.
Sujiono, Y. N. 2007. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Supriyanto, A. 2020. Habituasi Karakter Religius dan Mandiri Di Panti Asuhan Baabus Salaam Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas. Tesis. Purwokerto: IAIN Purwokerto.
Tarigan, Hendy Guntur. 2008. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Bahasa. Bandung: Angkasa.