Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran Fikih Di MA Hidayatul Athfal

  • Nailatus Salma UIN KH ABDURRAHMAN WAHID
  • Amalina Istiqomah
  • Nur Luluk Amalia
  • Nailatus Salma
  • Widodo Hami
Keywords: kurikulum merdeka, fiqih

Abstract

Mengingat pendidikan sangat penting bagi kelangsungan hidup individu dan masyarakat di masa depan, maka pendidikan harus dilaksanakan secara efektif di setiap daerah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana kurikulum merdeka pada pembelajaran fiqih di MA Hidayatul Athfal dilaksanakan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis deskriptif penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Fiqih di MA Hidayatul Athfal efektif dan sistematis, terutama kurikulum, metode pengajaran, bahan ajar, bahan kajian, fasilitas yang sesuai, dan sumber belajar yang sesuai menunjukkan ketersediaannya kebutuhan siswa. Terdapat pula kendala dalam pelaksanaannya di MA Hidayatul Athfal. Dua penyebabnya adalah belum tersedianya buku paket fiqih kurang lengkap sebagai sumber belajar di sekolah dan terbatasnya akses guru terhadap bahan referensi pembelajaran mandiri. Oleh karena itu, guru harus mampu memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan sumber belajar dan beradaptasi dengan perubahan kurikulum.

 

Published
2024-07-31