IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN CASE BASED LEARNING (CBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi kasus di prodi Pendidikan guru sekolah dasar STKIP Darussalam Cilacap)

  • Budi Wijaya
  • Muhammad Nur Rizal
  • Rakhel Putri Ramadhani
Keywords: Kata Kunci: implementasi, case based learning, berfikir kritis

Abstract

Abstrak: Era globalisasi dan perkembangan teknologi yang semakin pesat menuntut mahasiswa mampu berfikir kritis dalam memecahkan kasus secara efektif, komunikatif dan kolaboratif. Berfikir kritis dalam konteks keagamaan sangat penting dengan tujuan meningkatkan pemahaman ajaran agama, menghindari fanatisme, membngun toleransi serta melawan misi informasi. Peran dosen sebagai fasilitator dalam mengimplementasikan pembelajaran menjadi salah satu jawaban untuk menghadapi tuntutan tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk peran dosen dalam Implementasi Pembelajaran Case Based Learning (Cbl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam. Pendekatan penelitian menggunakan studi kualitatif dengan pengamatan, observasi wawancara dalam mengumpulkan data. partisipasi penelitian ini adalah mahasiswa dan dosen. Kemudian analisis data untuk menarik kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah implemntasi pembelajaran Case Based Learning (Cbl) yang meliputi : 1) perencanaan pembelajaran dosen dengan menyiapkan rencana pembelajaran semester (RPS), matrik perencanaan RPS dan lembar observasi berfikir kritis mahasiswa 2) pelaksanaan pembelajaran dengan Case based learning (CBL) berupa pelaksanaan observasi, wawancara, kajian pustaka bahan ajar dan diskusi kelompok dalam memecahkan kasus serta laporan hasil akhir belajar. 3) evaluasi pembelajaran dengan penilaian kognitif, afektif dan psikomotorik serta lembar observasi untuk mengetahui peningkatan kemampuan berfikir kritis mahasiswa. Kelebihan dan kelemahan pembelajaran Case based learning (CBL) yaitu kelebihan berupa konteks nyata dalam pembelajaran, keterampilan kritis dan kerja sama tim sedangkan kelemahannya berupa keterbatasan waktu, ketergantungan pada kasus, kesulitan penilaian.

 

Published
2023-12-06