IMPLEMENTASI INTEGRASI KURIKULUM PAI TERHADAP TIGA RANAH KEILMUAN (KOGNITIF, AFEKTIF, PSIKOMOTORIK) DI MI NURUL UMMAH KOTAGEDE

  • Muhammad Nur Rizal
  • Budi Wijaya
Keywords: Kata Kunci: Implementasi, Integritas, Kurikulum PAI

Abstract

Abstrak: Strategi pengembangan Kurikulum terhadap penguatan tiga ranah pendidikan di MI Nurul Ummah sebagai berikut bahwasanya terdapat strategi pengintegrasian kurikulum di MI Nurul Ummah yaitu antara kurikulum Diknas, kurikulum Mennag dan Kurikulum khas yang ada di MI Nurul Ummah itu sendiri. Dengan adanya pengintegrasian ini guna penguatan tiga ranah aspek dalam pendidikan yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Adapun ciri khas kurikulum yang diterapkan adalah penerapan system fullday school berupa program khusus yaitu tahsin dan tahfidz. Penelitain ini menggunalan metode Kualitatif dengan pendekatan Deskriptif yang menggunakan beberapa teknik dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi.

 

Published
2023-12-06