REGRESI LOGISTIK BINER UNTUK MENGKLASIFIKASIKAN CARA BELAJAR MAHASISWA MENURUT SUMBER BELAJARNYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat model regresi logistik biner yang dapat mengklasifikasikan cara belajar Mahasiswa berdasarkan sumber belajarnya. Data diambil dari 111 Mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas Mulawarman. Sumber belajar yang menjadi variabel prediktor merupakan pilihan ganda majemuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mahasiswa yang menjadikan YouTube sebagai sumber belajarnya berpeluang untuk belajar secara mandiri sebesar 2,232 kali lebih besar dari pada belajar matematika berkelompok. Sementara Mahasiswa yang menjadikan buku cetak sebagai sumber belajarnya berpeluang untuk belajar secara kelompok sebesar 1,968 kali lebih besar dari pada belajar matematika mandiri. Nilai skor F1 tertinggi terletak pada pembagian data 90:10 yaitu sebesar 0,643. Skor AUC untuk model regresi logistik biner yang digunakan adalah sebesar 0,611.