PENGGUNAAN METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KELAS IB MI MA’ARIF NU CIPETE

  • Isna Fatimatuz Zahroh UNUGHA CILACAP
  • Rofikoh
Keywords: Pembelajaran Bahasa Indonesia, Metode Drill, Kemampuan Membaca

Abstract

Salah satu kemampuan dasar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia adalah membaca. Membaca merupakan kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh siswa. Membaca diajarkan pada siswa usia dini termasuk pada kelas rendah contohnya kelas 1. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif-deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada semester 1 tahun pelajaran 2023/2024. Adapun pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pelaksanaanya penggunaan metode drill dapat meningkatkan kemampuan membaca kelas IB mengalami peningkatan. Terbukti dengan kelas IB antusias dengan menyetorkan bacaannya secara berulang-ulang setiap harinya sehingga siswa mengalami peningkatan dan perubahan yang signifikan dalam membaca.

References

Pembelajaran Bahasa Indonesia, Metode Drill, Kemampuan MembacaDalman. (2014). Ketrampilan Membaca . Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Djamarah, S. B. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ismail. (2008). Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: Rasail Media Grup.
Puji Santosa, d. (2009). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sari, N., & Maryatun. (2016). Pengeruh metode Drill Terhadap hasil Belajar Akuntansi Kelas X . Jurnal Promosi; Jurnal Pendidikan Ekomoni UM Metro, 70-71.
Senender, I. W. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sujana, N. (2011). Dasar-DasarProses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sumadoyo, S. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suryabrata, S. (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suyanto, & Jihad, A. (2013). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Esensi Erlangga Group.
Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Zahroh, I. F. (2023 ). Pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI. Banyumas: Wawasan Ilmu.
Published
2023-12-27