SOSIALISASI PEMBERDAYAAN BANK SAMPAH DAN PENGELOLAAN LIMBAH BOTOL ECOBRICK UNTUK IKON DI DESA CIGADOG

pengabdian kepada masyarakat

  • Felicita Al Taqiyyul Jawad Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Rahil Rahimah Nurdin
  • Pebrianti Wulandari
  • Ai Nurjannah
  • Rika Sintiasari
  • Nisa Fitriyani Suryana
  • Wina Ritmasari
  • Neni Solihat
Keywords: Sosialisasi; Bank Sampah; Ecobrick

Abstract

Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya yang bermitra dengan Pengelola Bank Sampah Induk Tasikmalaya merupakan salah satu program wujud pengabdian mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Tim KKN 15 kepada masyarakat desa Cigadog dengan salah satu program kegiatan sosialisasi Bank Sampah, hal ini didasari oleh sampah yang telah menjadi permasalahan masyarkat sekitar sehingga pengelolaannya perlu dilakukan secara komprehensif dan terpadu dari hulu ke hilir agar memberikan manfaat secara ekonomi, kesehatan dan aman bagi lingkungan, serta dapat mengubah perilaku masyarakat. Hasil observasi lapangan Tim KKN 15 mulai melakukan sosialisasi pemberdayaan Bank SADEGA (Bank Sampah desa Cigadog) yang ditujukan bagi seluruh masyarakat desa sebagai wadah penampung sampah sehingga dapat lebih teroganisir dalam pemilahan sampah. Pengelolaan limbah sampah yang dihasilkan dari  Bank Sampah Induk  juga turut dipergunakan untuk penggunaan pembuatan ikon desa Cigadog dengan penggunaan botol ecobrick yang ditempatkan di depan kampung KB. Kegiatan sosialisasi pemberdayaan bank sampah ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah dan kesadaran membuang sampah pada tempatnya. Program bank sampah  yang  telah dilaksanakan berdampak pada sosial dan lingkungan masyarakat desa Cigadog seperti perubahan perilaku masyarakat yang mulai sadar akan pengelolaan sampah dan perubahan pada lingkungan yang menjadi asri dan nyaman.

References

Anderson, D.W., Vault, V.D. dan Dickson, C.E., (1999), Problems and Prospects for the Decades Ahead: Competency Based Teacher Education. Berkeley: McCutchan Publishing Co.
Ary, D., Jacobs, L.C. dan Razavieh, A., (1976), Pengantar Penelitian Pendidikan, Terjemahan oleh Arief Furchan, 1982, Surabaya: Usaha Nasional.
Hitchcock, S., Carr, L. dan Hall, W., (1996), A Survey of STM Online Journals, 1990-1995: The Calm before the Strom, (Online), (http://journal.ecs.soton.ac.uk/survey/survey.html, diakses 12 juni 1996).
Jawa Pos, (1995), Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, hlm. 3.
Kansil, C.L., (2002), Orientasi Baru Penyelenggara Pendidikan Program Profesional dalam Memenuhi Kebutuhan Dunia Industri, Transpor, XX (4): 57-61.
Kumaidi, (1998), Pengukuran Bekal Awal belajar dan Pengembangan Tesnya, Jurnal Ilmu Pendidikan, (Online), Jilid 5, No. 4, (http://www.malang.ac.id, diakses 20 Januari 2000).
Kuncoro, T., (1996), Pengembangan Kurikulum Pelatihan Magang di STM Nasional Malang Jurusan Bangunan, Program Studi Bangunan Gedung: Suatu Studi Berdasarkan Kebutuhan Dunia Usaha Jasa Konstruksi, Thesis tidak diterbitkan, Malang: PPS IKIP MALANG.
Pitunov, B., (2002), Sekolah Unggulan ataukah Sekolah Pengunggulan? Majapahit Pos, Hlm. 4 dan 11.
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, (1978), Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Depdikbud, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1990. Jakarta: PT Armas Duta Jaya.
Russel, T., (1999), An Alternative Conception: Representing Representation, Dalam P.J. Black dan A. Lukas (Eds.), Children’s Informal Ideas in Science (hlm. 62-84). London: Routledge.
Saukah, A. dan Waseso, M.G., (2002), Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah (Edisi ke-4, cetakan ke-1). Malang: UM Press.
Waseso, M.G., (2001), Isi dan Format Jurnal Ilmiah. Makalah disajikan dalam Seminar Lokakarya Penulisan Artikel dan Pengelolaan Jurnal Ilmiah, Universitas Lambungmangkurat, Banjarmasin, 9-11 Agustus.
Wilson, D., (1995), Summary of Citing Internet Sites, NETTRAIN Discussion List, (Online), (NETTRAIN@ubvm.cc.buffalo.edu, diakses 22 November 1995).
Published
2024-01-30
How to Cite
Al Taqiyyul Jawad, F., Rahil Rahimah Nurdin, Pebrianti Wulandari, Ai Nurjannah, Rika Sintiasari, Nisa Fitriyani Suryana, Wina Ritmasari, & Neni Solihat. (2024). SOSIALISASI PEMBERDAYAAN BANK SAMPAH DAN PENGELOLAAN LIMBAH BOTOL ECOBRICK UNTUK IKON DI DESA CIGADOG : pengabdian kepada masyarakat. Migunani Nusantara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 1(2), 1-6. Retrieved from https://jurnal.unupurwokerto.ac.id/index.php/migunaninusantara/article/view/179