PENDAMPINGAN PEMBUATAN KIT SAINS SEDERHANA BAGI MGMP IPA BERORIENTASI PEMAHAMAN SAINS MEMANFAATKAN LIMBAH ANORGANIK PEMULUNG
Abstract
Kegiatan pengabdian ini menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR). Kegiatan pengabdian ini dilakukan untuk mengembangkan Komponen Instrumen Terpadu (KIT) sains sederhana memanfaatkan limbah anorganik pemulung yang berorientasi pada pemahaman sains siswa terhadap MGMP IPA MTs di Kabupaten Kudus. Permasalahan yang ada di sekolah ialah kurangnya ketersediaan alat peraga IPA. Di samping itu, sampah anorganik yang ada di masyarakat tidak termanfaatkan dengan baik. Berdasarkan permasalahan-permasalahan tersebut penting dilakukan kegiatan pengabdian untuk memanfaatkan limbah anorganik dari pemulung sebagai alat peraga IPA sederhana dalam bentuk KIT sains sederhana. Kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui beberapa tahapan antara lain, 1) Tahap Desain Prototype KIT Sains Sederhana, 2) Tahap Pemilihan Limbah Anorganik pada Pemulung atau Pengepul, 3) Tahap Workshop Pembuatan KIT Sains Sederhana, 4) Tahap Implementasi KIT Sains dalam Pembelajaran di MTs, 5) Tahap Evaluasi dan Diseminasi Pembuatan KIT Sains Sederhana. Kegiatan pengabdian ini menghasilkan beberapa KIT sains sederhana antara lain, 1) Spin pengukuran, 2) Kotak Konveksi, 3) Organ paru saat merokok, 4) Hologram, 5) Model atom, 6) elektroskop sederhana. Selain itu, berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa produk yang dihasilkan memuliki kualitas yang baik, persepsi guru baik, antusiasme guru dan siswa juga baik, serta terdapat peningkatan pemahaman sains siswa.
References
Alwi, S. (2017). Problematika Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Itqan, 8(2).
Anwar, E. D. (2014). PELATIHAN PEMBUATAN ALAT-ALAT PRAKTIKUM IPA FISIKA BAGI GURU IPA SMP/MTs SWASTA SE- KECAMATAN WINONG KAB PATI. 14(1).
Danley, K. S., & Ellison, M. L. (1999). A Handbook for Participatory Action Researchers. Center for Psychiatric Rehabilitation, Trustees of Boston University, 33.
Fahmi, R., & Ratnasari, W. (2021). Pemanfaatan Limbah Anorganik Sebagai Bentuk Implementasi Peduli Lingkungan Pada Masa PSBB Covid-19 di Desa Kemiri. Ikraith-Abdimas, 4(1), 110–119.
Fauziah, A. N. M., & Rosidana, L. (2017). KETERAMPILAN GURU IPA DALAM PEMBUATAN ALAT PERAGA SEDERHANA. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(2), 76.
Firdaus, F., & Mulyani, P. S. (2019). Identifikasi Peran Alat Peraga IPA SD/MI di Kabupaten Wonosobo. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 2(1), 151–156.
Foundation Center & GrantCraft. (2007). Participatory Action Research: Involving All the Players in Evaluation and Change. Foundation Center.
Harahap, F. I. N. (2017). Pemberdayaan masyarakat pemulung sampah Sungai Citarum melalui Koperasi Bangkit Bersama. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(2), 180–186.
Harimurti, S. M., Rahayu, E. D., Yuriandala, Y., Koeswandana, N. A., Sugiyanto, R. A. L., Perdana, M. P. G. P., Sari, A. W., Putri, N. A., Putri, L. T., & Sari, C. G. (2020). Pengolahan Sampah Anorganik: Pengabdian Masyarakat Mahasiswa pada Era Tatanan Kehidupan Baru. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 3, 565–572.
MacDonald, C. (2012). Understanding Participatory Action Research: A Qualitative Research Methodology Option. The Canadian Journal of Action Research, 13(2), 34–50.
Marliani, N. (2015). Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga (Sampah Anorganik) Sebagai Bentuk Implementasi dari Pendidikan Lingkungan Hidup. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(2).
Masturoh, R. D., Sudarmi, M., & Noviandini, D. (2019). Barang Bekas di Sekitarku (BARBEKU) Sebagai Alat Peraga Sederhana Untuk Meningkatkan Pemahaman Hukum III Newton. Jurnal Sains dan Edukasi Sains, 2(1), 16–25.
Morales, M.P.E. (2016). Participatory Action Research (PAR) cum Action Research (AR) in Teacher Professional Development: A Literature Review. International Journal of Research in Education and Science (IJRES) International Journal of Research in Education and Science, 2(1), 156–165.
Nafi’ah, I., & Prasetyo, A. P. B. (2015). ANALISIS KEBIASAAN BERPIKIR KRITIS SISWA SAAT PEMBELAJARAN IPA KURIKULUM 2013 BERPENDEKATAN SCIENTIFIC.
Nugroho, Y. E. (2018). Kit Hand Made Berbahan Limbah untuk Meningkatkan Kompetensi Alat Optik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 45.
Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62.
Ridwan, I., Nurfaida, & Mantja, K. (2016). Pemanfaatan Sampah Anorganik Menjadi Produk Berdaya Guna. Jurnal Dinamika Pengabdian (JDP), 1(2), Article 2.
Utami, P. P., Vioreza, N., & Putri, A. (2021). Pemberdayaan Pemulung melalui Limbah Kardus. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 1(1), 1–11.
Widiyatmoko, A., & Pamelasari, S. D. (2012). PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENGEMBANGKAN ALAT PERAGA IPA DENGAN MEMANFAATKAN BAHAN BEKAS PAKAI.
Wirawan, R., Qomariyah, N., Minardi, S., Syamsuddin, S., Hiden, H., Sudiarta, W., & Marzuki, M. (2021). Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis KIT IPA untuk Pembelajaran Fisika di SMP N 2 Sekotong. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 353.
Yeboah, R., Asante, E. A., & Opoku-Asare, N. A. (2016). Teaching Interactive Art Lessons with Recycled Waste Materials as Instructional Resources. Journal of Education and Practice, 7(14).
Copyright (c) 2023 Faiq Makhdul Noor, Dody Rahayu Prasetyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Hak cipta dari semua naskah yang masuk dan dipublikasikan oleh Migunani Nusantara menjadi milik penulis. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto selaku penerbit dari jurnal ini berhak mengerbitkan dan menyebarluaskan semua artikel di jurnal ini. Penulis diwajibkan mengisi lembar pernyataan keaslian tulisan (formulirnya dapat diunduh di sini) dan kemudian mengirimkan formulir yang telah diisi ke migunani.nusantara@gmail.com