PENDAMPINGAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIALUNTUK PENJUALAN UMKM DI DESA SOKAWERA

  • Dian Nastiti Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto
  • Indah Ayu Permana Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto
  • Chanifia Izza Millata Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto
Keywords: Media Sosial, manfaat, UMKM

Abstract

Desa Sokawera merupakan salah satu wilayah yang ada di kabupaten Banyumas dengan banyak pelaku UMKM terutama di bidang kuliner. Kegiatan wirausaha di di sini belum banyak yang sadar akan manfaat media social untuk penjualan dan bersaing di pasar agar dapat meningkatkan omset pendapatan. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pengetahuan    dan keterampilan pelaku UMKM untuk dapat menggunakan media social untuk memasarkan produknya guna menignkatkan daya beli masyarakat. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Melalui pengabdian kepada masyarakat ini kami akan melakukan pendampingan pelatihan memanfaatkan media social untuk penjualan agar produk yang dihasilkan lebih mampu bersaing di pasar. Harapannya adalah pelaku UMKM bisa memanfaatkan media social untuk penjualan yang online agar omset penjualan meningka agar dapat bersaing di pasar.

References

Fauzi, R. U. A. (2019). The role of free wireless fidelity (Wi-Fi) service, food quality, and servicescape toward customer satisfaction. Asian Journal of Social Science Research, 2(2).

Harto, B., Rinaldi, K., & Sulistya, A. (2021). Rencana Strategis Bisnis Jualan Online di Masa Pandemi Covid-19: Online Selling Business Strategic Plan in the Covid-19 Pandemic Period. Engineering and Technology International Journal, 3(03), 188–192.

Merrill, T., Latham, K., Santalesa, R., & Navetta, D. (2011). Social media: The business benefits may be enormous, but can the risks-reputational, legal, operational-be mitigated. New York: Informational Law Group.

Nadya, N. (2016). Peran digital marketing dalam eksistensi bisnis kuliner Seblak Jeletet Murni. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 133–144.

Nurussofiah, F. F., Karimah, U., Khodijah, S., & Hidayah, U. (2022). Penerapan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Online Di Era Globalisasi. DEVELOPMENT: Journal of Community Engagement, 1(2), 127–143.

Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi digital marketing dalam membangun brand awareness. PRofesi Humas, 3(1), 1–20.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. DOI 10.34010/COMMON.V3I1.1950 33CITATIONS33 total citations on Dimensions.

Suhaimi, M. H., & Shiratuddin, N. (2017). Media sosial memberi peranan penting sebagai platform pemasaran untuk usahawan industri kecil dan sederhana (iks). International Journal of Accounting, Finance and Business, 2(4), 1–12.

Yasmin, A., Tasneem, S., & Fatema, K. (2015). Effectiveness of digital marketing in the challenging age: An empirical study. International Journal of Management Science and Business Administration, 1(5), 69–80.
Published
2023-07-09
How to Cite
Nastiti, D., Permana, I. A., & Millata, C. I. (2023). PENDAMPINGAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIALUNTUK PENJUALAN UMKM DI DESA SOKAWERA. Migunani Nusantara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 1(1), 24-30. Retrieved from https://jurnal.unupurwokerto.ac.id/index.php/migunaninusantara/article/view/145