PENDAMPINGAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIALUNTUK PENJUALAN UMKM DI DESA SOKAWERA
Abstract
Desa Sokawera merupakan salah satu wilayah yang ada di kabupaten Banyumas dengan banyak pelaku UMKM terutama di bidang kuliner. Kegiatan wirausaha di di sini belum banyak yang sadar akan manfaat media social untuk penjualan dan bersaing di pasar agar dapat meningkatkan omset pendapatan. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM untuk dapat menggunakan media social untuk memasarkan produknya guna menignkatkan daya beli masyarakat. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Melalui pengabdian kepada masyarakat ini kami akan melakukan pendampingan pelatihan memanfaatkan media social untuk penjualan agar produk yang dihasilkan lebih mampu bersaing di pasar. Harapannya adalah pelaku UMKM bisa memanfaatkan media social untuk penjualan yang online agar omset penjualan meningka agar dapat bersaing di pasar.
References
Harto, B., Rinaldi, K., & Sulistya, A. (2021). Rencana Strategis Bisnis Jualan Online di Masa Pandemi Covid-19: Online Selling Business Strategic Plan in the Covid-19 Pandemic Period. Engineering and Technology International Journal, 3(03), 188–192.
Merrill, T., Latham, K., Santalesa, R., & Navetta, D. (2011). Social media: The business benefits may be enormous, but can the risks-reputational, legal, operational-be mitigated. New York: Informational Law Group.
Nadya, N. (2016). Peran digital marketing dalam eksistensi bisnis kuliner Seblak Jeletet Murni. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 133–144.
Nurussofiah, F. F., Karimah, U., Khodijah, S., & Hidayah, U. (2022). Penerapan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Online Di Era Globalisasi. DEVELOPMENT: Journal of Community Engagement, 1(2), 127–143.
Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi digital marketing dalam membangun brand awareness. PRofesi Humas, 3(1), 1–20.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. DOI 10.34010/COMMON.V3I1.1950 33CITATIONS33 total citations on Dimensions.
Suhaimi, M. H., & Shiratuddin, N. (2017). Media sosial memberi peranan penting sebagai platform pemasaran untuk usahawan industri kecil dan sederhana (iks). International Journal of Accounting, Finance and Business, 2(4), 1–12.
Yasmin, A., Tasneem, S., & Fatema, K. (2015). Effectiveness of digital marketing in the challenging age: An empirical study. International Journal of Management Science and Business Administration, 1(5), 69–80.
Copyright (c) 2023 Dian Nastiti, Indah Ayu Permana, Chanifia Izza Millata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Hak cipta dari semua naskah yang masuk dan dipublikasikan oleh Migunani Nusantara menjadi milik penulis. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto selaku penerbit dari jurnal ini berhak mengerbitkan dan menyebarluaskan semua artikel di jurnal ini. Penulis diwajibkan mengisi lembar pernyataan keaslian tulisan (formulirnya dapat diunduh di sini) dan kemudian mengirimkan formulir yang telah diisi ke migunani.nusantara@gmail.com