LOKAKARYA DAN PENDAMPINGAN SEKOLAH UNTUK PEMBELAJARAN YANG BERPUSAT PADA PESERTA DIDIK DALAM KURIKULUM MERDEKA

  • Meilina Haris Mayekti Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto
Keywords: Kurikulum merdeka, pembelajaran, lokakarya, refleksi

Abstract

Penerapan kurikulum merdeka disekolah sudah mulai diberlakukan dan salah satu yang harus ada yaitu kepastian bahwa praktik pembelajaran harus berpusat pada peserta didik. Hal ini dikarenakan setiap peserta didik harus melakukan kegiatan belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan tahap perkembangannya. Pelaksanaan lokakarya dan pendampingan sekolah adalah salah satu bentuk kegiatan pengabdian yang dilakukan dosen sebagai wujud pelaksanaan salah satu Tri Dharma. Kegiatan lokakarya dilaksanakan dengan moda daring sehingga kegiatan lokakarya ini sangat efektif dan mencapai tujuan yang diharapkan. Peserta lokakarya adalah anggota komite pembelajaran dari 6 satuan Pendidikan.  Peserta terdiri dari 6 kepala sekolah dan 2 guru kelas dari SD N Banjaranyar 3 Tegal, SD N Buniwah 2 Tegal, SD N Bumijawa 2 Tegal, SD N Kajenengan 2 Tegal, SD N Begawat 1 Tegal dan SD N Cintamanik 2 Tegal.

References

Hirumi, A. (2005). Student-Centred Technology-Rich Learning Environments (SCenTRLE)- Operationalizing constructivist approaches to teaching and learning.[online].Available.FTP:http://www.bath.ac.uk/elearning/ student_centredness.htm

Pongtuluran, Aris. 2000. Student Centered Learning the Urgency and Possibilities. Surabaya: PETRA Riyanto, Yatim. 2010.

Paradigma Pembelajaran Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas.Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Maulana, R. (2021). Merdeka Belajar. Jakarta: Kemdikbudristek.

Naibaho, T. (2021). Paradigma Pembelajaran Bermakna. Manajemen Pembelajaran.
Published
2023-07-09
How to Cite
Haris Mayekti, M. (2023). LOKAKARYA DAN PENDAMPINGAN SEKOLAH UNTUK PEMBELAJARAN YANG BERPUSAT PADA PESERTA DIDIK DALAM KURIKULUM MERDEKA. Migunani Nusantara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 1(1), 6-9. Retrieved from https://jurnal.unupurwokerto.ac.id/index.php/migunaninusantara/article/view/144