PENGARUH SUARA MUROTAL AL-QUR’AN DAN MUSIK KLASIK TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI HIJAU (Brassica Rapa Var. Parachinensis L.) PADA HIDROPONIK SISTEM SUMBU

  • Mei Liana Faoziah Teknik Pertanian dan Biosistem Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto
  • Hanis Adila Lestari Teknik Pertanian dan Biosistem Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto
  • Triat Adi Yuwono Teknik Pertanian dan Biosistem Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto
Keywords: Hidroponik, Sawi Hijau, Sonic Bloom

Abstract

Sawi hijau adalah sekelompok tumbuhan dari marga Brassica yang dimanfaatkan daun atau bunganya sebagai bahan pangan (sayuran), baik segar maupun diolah. Sawi mencakup beberapa spesies Brassica yang kadang-kadang mirip satu sama lain. Seiring berkembangnya ilmu teknologi banyak terobosan baru yang diciptakan untuk meningkatkan produksi tanaman, salah satu di antaranya adalah dengan memanfaatkan teknologi sonic bloom. Sonic bloom merupakan teknologi yang memanfaatkan gelombang suara dengan frekuensi tinggi tanpa merusak lingkungan sekitar. Dengan memanfaatkan efek gelombang suara dengan frekuensi 3,5 – 5 kHz, teknologi ini dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui pengaruh pemberian suara murottal Al-Quran dan musik klasik terhadap pertumbuhan benih tanaman sawi hijau. (2) Mengetahui signifikansi pemberian suara murotal Al-Qur’an dan musik klasik terhadap pertumbuhan sawi hijau.

            Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan tiga perlakuan terhadap tanaman sawi hijau yaitu (1) tidak diberi musik, (2) diberi suara musik klasik dan (3) diberi suara murottal Al-Quran. Suara yang diberikan memiliki taraf intensitas bunyi sebesar 65,8-73,9 dB. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2021 bertempat di Desa Karangsalam Kidul Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas.

            Hasil penelitian menunjukan pertumbuhan tanaman sawi hijau yang diberi paparan suara musik klasik lebih baik dibandingkan dengan yang diberi paparan murottal Al-Qur’an dan tanaman yang tidak diberi musik khususnya dari segi panjang daun, lebar daun, jumlah daun dan berat besah tanaman. Hasil uji ANOVA menunjukan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dalam pertumbuhan tanaman sawi hijau berdasarkan perlakuan tanpa musik, diberi paparan musik klasik dan murottal Al-Qur’an.

Published
2024-07-30
How to Cite
Faoziah, M. L., Lestari, H. A., & Yuwono, T. A. (2024). PENGARUH SUARA MUROTAL AL-QUR’AN DAN MUSIK KLASIK TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI HIJAU (Brassica Rapa Var. Parachinensis L.) PADA HIDROPONIK SISTEM SUMBU. Journal Agriculture And Biosystem Engineering In Tropic (J-ABET), 3(2), 41-50. Retrieved from https://jurnal.unupurwokerto.ac.id/index.php/j-abet/article/view/350