Implementasi Metode Murottal Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Inklusi
Studi Korelasi di SD Lazuardi Kamila Global Compassionate School Surakarta
Abstract
Penelitian ini berusaha untuk mendeskripsikan implementasi metode murottal pengaruhnya terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa pada sekolah inklusi dengan mengambil latar di SD Lazuardi Kamila Global Compassionate School Surakarta dengan menggunakan metode kuantitatif, dengan jumlah populasi 217 siswa. metode sampling nonprobability sampling adalah siswa kelas 5 sebanyak 30 siswa. Menggunakan analisis data kolerasi Product Moment nilai rxy = 0,588 setelah dikonsultasikan dengan r tabel pada taraf signifikansi 5%N (df) = 30 r tabel = 0,361 dan jika apabila dikonsultasikan pada taraf signifikansi 1%N (df) = 30 r tabel = 0,463 yang dapat dinyatakan rxy> rtabel. Sehingga hipotesis yang menyatakan implementasi penggunaan metode murottal berpengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SD Lazuardi Kamila GCS Surakarta teruji dan diterima kebenarannya.