TEKNIK PEWARNAAN GRAF PADA PENJADWALAN PIKET OSIS DENGAN ALGORITMA WELCH-POWELL PADA SMP NEGERI 2 KEMRANJEN

  • Bagus Muflikhudin UNU Purwokerto
  • Dian Pratama Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto
Keywords: Welch-Powell Algorithm, Graph, Graph Coloring, Scheduling

Abstract

Teori graf digunakan untuk mempresentasikan objek-objek diskrit dan hubungan antar objek tersebut. Representasi visual dari sebuah graf adalah dengan menyatakan objek dengan sebuah titik, sedangkan hubungan antar objek dinyatakan dengan garis. Dalam kehidupan sehari-hari penggunaan teori graf salah satunya menentukan penjadwalan menggunkaan pewarnaan graf. Pewarnaan yang dimaskud adalah pewarnaan simpul. Hal tersebut dipadukan dengan Algoritma Welch-Powell. Algoritma Welch-Powell dapat digunakan untuk menentukan sebuah penjadwalan berdasarkan derajat tertinggi dari simpul-simpulnya. Keunggulan algoritma tersebut dapat menyelesaikan secara efisien, tidak terjadi kesamaan jadwal antar siswa pada satu kelas yang sama. Cara penentuannya dengan melihat jumlah derajat dari sebuah simpul yang terbesar sebagai pewarnaan pertama.

References

[1] Apriyanto. 2018. Pewarnaan Graph Berbasis Algoritma Welch Powell Dalam Pengaturan Jadwal Praktikum. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(02), 11-12. Universitas Andi Djemma Palopo.
[2] Muir, Rinaldi. 2010. Matematika Diskrit Edisi 3. Bandung : Informatika.
[3] Tim Adiwiyata Tingkat Nasional. 2011. Panduan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jakarta.
Published
2020-10-10
How to Cite
Muflikhudin, B., & Pratama, D. (2020). TEKNIK PEWARNAAN GRAF PADA PENJADWALAN PIKET OSIS DENGAN ALGORITMA WELCH-POWELL PADA SMP NEGERI 2 KEMRANJEN. FUSIOMA (Fundamental Scientifc Journal of Mathematics), 1(1), 8-13. Retrieved from https://jurnal.unupurwokerto.ac.id/index.php/fusioma/article/view/14
Section
Articles